36. Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Pertama
(SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan
intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang
keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa
diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang
lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu peserta didik mampu mengemukakan
gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan menemukan
serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi
secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan
informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi,
dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan
berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau
tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan,
berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan
untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh
karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan
keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan
berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.
Tingkat literasi mencakup performative,
functional, informational, dan epistemic.
Pada tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan,
dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional,
orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari
seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Pada tingkat informational,
orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada
tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa
sasaran (Wells,1987).
Pembelajaran bahasa Inggris di SMP/MTs
ditargetkan agar peserta didik dapat mencapai tingkat functional yakni
berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari-hari,
sedangkan untuk SMA/MA diharapkan dapat mencapai tingkat informational
karena mereka disiapkan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.
Tingkat literasi epistemic dianggap terlalu tinggi untuk dapat dicapai
oleh peserta didik SMA/MA karena bahasa Inggris di Indonesia berfungsi sebagai
bahasa asing.
B. Tujuan
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi
dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan
pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat
global
3. Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan
antara bahasa dengan budaya.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa
Inggris di SMP/MTs meliputi:
1. kemampuan berwacana, yakni kemampuan
memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan
dalam empat keterampilan berbahasa, yakni
mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk
mencapai tingkat literasi functional;
2. kemampuan memahami dan menciptakan
berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure,
descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar
tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
3. kompetensi pendukung, yakni
kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata
tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara
berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi
masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar
komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan
piranti pembentuk wacana).
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
1.1 Merespon makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri
sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
1.2 Merespon makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi
informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan
kesantunan
|
2.
Memahami makna dalam teks lisan fungsional
pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
2.1 Merespon makna tindak tutur yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.2 Merespon makna gagasan yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Berbicara
3.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
3.1 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima
3.2 Melakukan interaksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang
belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah
atau melarang
3.3 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta
maaf, dan mengungkapkan kesantunan
|
4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
4.1 Mengungkapkan makna tindak
tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
4.2 Mengungkapkan makna gagasan
dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Membaca
5.
Memahami makna dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
.
|
5.1 Membaca nyaring bermakna
kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
5.2 Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Menulis
6.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
|
6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam
teks tulis fungsional pendek sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
6.2 Mengungkapkan langkah
retorika dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
7.1 Merespon makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur:
meminta dan memberi jasa, meminta dan
memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
7.2 Merespon makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat , menyatakan suka dan
tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal
|
8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang
berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
8.1 Merespon makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
8.2 Merespon makna yang terdapat
dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan
procedure
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional dan
interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur:
meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta dan memberi
fakta
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat, menyatakan
suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal
|
10. Mengungkapkan makna dalam
teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive
dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
10.1 Mengungkapkan makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
10.2 Mengungkapkan makna dalam
monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
dan procedure
|
Membaca
11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive
dan procedure yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
11.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks
tulis fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
11.2 Merespon makna dan langkah retorika secara
akurat, lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
11.3 Membaca nyaring bermakna teks fungsional
dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan
procedure dengan ucapan, tekanan
dan intonasi yang berterima
|
Menulis
12. Mengungkapkan makna
dalam teks tulis fungsional dan esei
pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
12.1 Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika
dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
1.1 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta,
memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi
pendapat
1.2 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan,
menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
|
2.
Memahami makna dalam teks
lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
2.1 Merespon makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
2.2 Merespon makna yang terdapat
dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Berbicara
3.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
3.1 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta,
memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2 Memahami dan merespon
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang,
menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi
selamat
|
4.
Mengungkapkan makna dalam
teks lisan fungsional dan monolog
pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
4.1 Mengungkapkan makna dalam
bentuk teks lisan fungsional pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
4.2 Mengungkapkan makna dalam
monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Membaca
5.
Memahami makna teks tulis fungsional
dan esei pendek sederhana
berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
|
5.1 Membaca nyaring bermakna
teks tulis fungsional dan esei
berbentuk descriptive dan recount
pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang
berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2 Merespon makna dalam teks
tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.3 Merespon makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam
teks berbentuk descriptive dan recount
|
Menulis
6.
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
6.1 Mengungkapkan makna dalam
bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
6.2 Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
7.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
7.1 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta,
memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta,
memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
7.2 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang,
dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
8.
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sederhana berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
|
8.1 Merespon makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2 Merespon makna yang terdapat
dalam monolog pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan
recount
|
Berbicara
9.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
9.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak
jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari
informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima
/ menolak sesuatu
9.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi
persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan
menutup percakapan telepon
|
10.
Mengungkapkan makna dalam
teks lisan fungsional dan monolog
pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
|
10.1 Mengungkapkan makna dalam
teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.2 Mengungkapkan makna dalam
monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
|
Membaca
11.
Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan
narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
11.1 Membaca nyaring bermakna
teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan
narrative dengan ucapan, tekanan
dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.2 Merespon makna dalam teks
tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3 Merespon makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam
teks berbentuk recount dan narrative
|
Menulis
12.
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan
narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk
teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
12.2 Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount
dan narrative
|
Kelas IX, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1.1 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur:
meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi
keraguan
1.2 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur
berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan
kekaguman
|
2.
Memahami makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
2.1 Merespon makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
2.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk
procedure dan report
|
Berbicara
3.
Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi
kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
3.2 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan
perhatian, dan menyatakan kekaguman
|
4.
Mengungkapkan makna dalam teks
lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
4.1 Mengungkapkan makna dalam
bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
4.2 Mengungkapkan makna dalam
monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan
report
|
Membaca
5.
Memahami makna teks tulis
fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk
procedure dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
5.1 Membaca nyaring bermakna
teks fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk procedure dan report dengan ucapan, tekanan dan intonasi
yang berterima
5.2 Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.3 Merespon makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure
dan report
|
Menulis
6.
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk
teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
6.2 Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
|
7.1 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan
tindak tutur mengungkapkan kesantunan
7.2 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan
tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi
komentar terhadap berita
|
8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
|
8.1 Merespon makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk
narrative dan report
|
Berbicara
9
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan
monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
9.1 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi
berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita
|
10 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog
pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
10.1 Mengungkapkan makna
dalam teks lisan fungsional pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
10.2 Mengungkapkan makna dalam monolog
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative dan report
|
Membaca
11 Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk narrative dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
11.1 Membaca nyaring
bermakna teks tulis fungsional
dan esei pendek sederhana berbentuk narrative
dan report dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
11.2 Merespon makna dalam teks
tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
11.3 Merespon makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative
dan report
|
Menulis
12 Mengungkapkan makna
dalam teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk
teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
12.2 Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan
Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar