Minggu, 02 Desember 2012

HARI AIDS SEDUNIA


Upacara Paripurna SMPN 1 Pemenang kembali terasa istimewa setelah senin lalu upacara dirangkaikan dengan hari ulang tahun PGRI dan KOPRI maka upacara kali ini dirangkaikan dengan hari AIDS sedunia yang jatuh tanggal 1 Desember 2012.Thema tahun ini adalah “ Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV dan AIDS “. Dengan tema ini Indonesia mengambil sebuah slogan yakni “ Stop AIDS Melalui Kesetaraan Gender Untuk Menghapus Segala Bentuk Stigma dan Diskriminasi “.Namun Bapak kepala sekolah selaku pembina lebih menekankan pada kaitan bahaya AIDS dan Narkoba dikalangan remaja.Berikut naskah pidato bapak kepala sekolah.
AIDS ialah Acquired Immune Deficiency Syndrome, AIDS sendiri adalah suatu penyakit yang di sebabkan oleh virus HIV yang menyerang system kekebalan tubuh manusia. HIV sendiri adalah virus yang memperlemah system kekebalan tubuh manusia. Apabila ada orang yang terserang atau terkena virus ini, orang tersebut akan rentan terhadap infeksi oportunistik atau pun mudah terserang penyakit tumor. Hingga saat ini, teknologi atau perkembangan yang sudah maju pun belum dapat menemukan cara penyembuhan penyakit mematikan ini.
Virus HIV ini ialah virus yang menghancurkan sel CDyaitu ialah jenis dari sel darah putih yang memainkan peran besar dalam membantu tubuh melawan penyakit. Dan apabila system kekebalan tubuh kita melemah maka sel CD4 akan di non aktifkan. Salah satu penyebaran virus ini adalah penggunaan jarum suntik yang tidak steril.
Penggunaan narkoba, para remaja tertular dan menularkan HIV/AIDS di kalangan remaja. Hal ini telah terbukti dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik secara bergantian. Bangsa ini akan kehilangan remaja yang sangat banyak akibat penyalahgunaan narkoba dan merebaknya HIV/AIDS. Kehilangan remaja sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa.
Dampak bahaya Penyalahgunaan Narkoba :
Dampak Fisik :
1.Gangguan pada sistem saraf (neorologis) : kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan saraf tepi.
2.Gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) : infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah.
3.Gangguan pada kulit (dermatologis) : penanahan, bekas suntikan dan alergi.
4.Gangguan pada paru-paru (pulmoner) : penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, penggesaran jaringan paru-paru, pengumpulan benda asing yang terhirup.
5.Dapat terinfeksi virus HIV dan AIDS, akibat pemakain jarum suntik secara bersama-sama.
Dampak psikologis :
Berfikir tidak normal, berperasaan cemas, tubuh membutuhkan jumlah tertentu untuk menimbulkan efek yang di inginkan, ketergantungan / selalu membutuhkan obat.
Dampak sosial dan ekonomi : Selalu merugikan masyarakat baik ekonomi, sosial, kesehatan & hukum.
Ciri-ciri penyalahguna Narkoba :
1. Perubahan fisik dan lingkungan sehar-hari : jalan sempoyongan; penampilan dunguk; bicara tidak jelas; mata merah; kurus dan nyeri tulang.
2. Perubahan psikologis :gelisah, bingung, apatis, suka menghayal, dan linglung.
3. Perubahan prilaku sosial :menghindari kontak mata langsung; suka melawan; mudah tersinggung; ditemukan obat2an, jarum suntik dalam kamar/ tas; suka berbohong; suka bolos sekolah; malas belajar, suka mengurung diri di kamar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar