Rabu, 17 April 2013

MENENGOK SISI POSITIF TERTUNDANYA PELAKSANAAN UN 2013

Akhir-akhir ini pemberitaan tentang tertundanya pelaksanaan ujian nasional (UN) 2013 diberbagai provinsi gencar menjadi buah bibir diberbagai kalangan, khususnya yang bergelut di dunia pendidikan. Di media massa pun, baik visual maupun audio permasalahan ini menjadi head line pemberitaan. Sehingga tanggapan dari berbagai pihak bermunculan, dari tanggapan yang bersifat positif sampai tanggapan yang bersifat negatif, tergantung dari sudut pandang mana mereka melihat.
Tertundanya Ujian Nasioanal 2013 menimbulkan spikulasi terhadap hal yang melatarbelakangi permasalahan tersebut, seperti yang dikemukakan oleh Mentri Pendidikan bapak Muhammad Nuh mengatakan bahwa molornya penggandaan, pengepakan soal, sampai pendistribusian menjadi faktor utama pelaksanaan ujian nasional di berbagai provinsi mengalami penundaan.. Selain itu, beliau juga mengemukakan bahwa akan memberi sangsi pada PT. Ghalia selaku pemenang tender dan yang bertanggung jawab akan hal tersebut. Namun, di sisi lain juru bicara PT. Ghalia membantah hal tersebut. Terlambatnya pemberian soal pada PT. Ghalia yang menjadi penyebab utama pembuatan soal, penggandaan, pengepakan, dan pendistribusian menjadi terhambat sehingga pelaksanaan UN 2013 tertunda.
Terlepas dari perang stetmen diatas marilah kita mencoba membuka pikiran secara objektif dalam menilai sehingga permasalahan tersebut dapat kita sikapi dengan bijak. 
SISI POSITIF TERTUNDANYA PELAKSANAAN UN 2013
Di dunia ini segala sesuatu diciptakan berpasangan, Ada muda, ada tua, ada hitam, ada putih. Begitu juga halnya dengan permasalahan tertundanya pelaksanaan UN 2013, jika ada pandangan negatif tentang hal tersebut, maka tentunya ada pula pandangan positif terhadap permasalahan tersebut. Maka, pada kesempatan kali ini admin ingin menuangkan opini tentang tertundanya pelaksanaan UN 2013 tersebut menggunakan sudut pandang kaca mata positif, sebab sesuatu pasti ada hikmahnya.
Adapun sisi positif dari tertundanya pelaksanaan UN 2013 tersebut adalah sebagai berikut.
1. Semakin Mantapnya Mental Siswa
    Tentu saja dengan waktu pelaksanaan UN 2013 yang tertunda hal ini akan memberikan waktu lebih lama lagi kepada siswa untuk menata mental sebelum menghadapi UN. Menata mental dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan memberikan motivasi-motivasi kepada siswa.
2. Persiapan Pelaksanaan UN 2013 yang Semakin Matang
    Rentang waktu penundaan pelaksanaan ujian nasional tersebut dapat diisi dengan memberikan sosialisasi tentang sistem pelaksanaan UN 2013 yang memang sangat berbeda dengan pelaksanaan UN tahun lalu. Sehingga siswa semakin paham akan hal tersebut.
3. Bertanya dan Diskusi
    Penundaan pelaksanaan UN 2013 tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi siswa dalam hal pembahasan soal-soal yang belum dipahami.Rentang waktu penundaan tersebut dapat siswa dan guru melakukan kegiatan tanya-jawab dan diskusi.

Ketiga hal tersebut merupakn bagian kecil dari sisi positif  terhadap hal yang menurut khalayak umum negatif. Maka dari pada itu, SELALULAH BERPIKIR POSITIF dan ambil hikmah dari segala peristiwa yang terjadi.

2 komentar: