Jumat, 17 Februari 2012

Potensi asri yang masih dalam mimpi

Mimpi.Orang bilang mimpi sekedar kembang tidur .Ungkapan ini memang betul.Kenapa saya katakan betul.Kami warga SMP N 1 Pemenang yang selama ini tertidur dan asik dengan impian -impian untuk mewujudkan warga sekolah yang taat religi,unggul prestasi dan santun dalam budi pekerti untuk menyongsong Sekolah Standar Nasional.Impian -impian kita sibuk dalam pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan.Sementara lahan kami yang berada diketinggian yang berupa hutan tidak tersentuh.Padahal kalau kita memandang ke arah utara dari ketinggian itu akan kita lihat petapa indahnya hamparan sawah yang membentang dari tanjung dan pemenang.Disela-sela hijaunya sawah sekali-kali melintas beberapa ternak warga.Kalau pandangan kita ke garis horizon mata kita akan dimanjakan oleh kawasan 3G.Yaitu kawasan tiga Gili ( Gili Air,Gili Meno dan Gili Trawangan) yang sangat cantik molek dan masih alami . kapal dan perahu nelayan menambah asrinya kawasan ini. 3 Gili tersebut memang telah populer di masyarakat Eropa dan Australia, terutama penggila diving. Keindahan alam bawah laut akan diselam pada pagi hingga siang. Sementara sore hari sampai matahari tenggelam, para wisatawan tersebut banyak memanjakan diri dibawah terik matahari tropis sambil mengoleskan cairan sunblock berharap kulit mereka menghitam.Tiga Gili menawarkan hamparan pasir putih dengan garis pantai yang elok. Juga gradasi warna sempurna dari putih ke biru langit membuat ilusi optik terlihat sangat sempurna. Di bawah laut menyimpan pemandangan eksotis yang diburu penggila diving dan snorkling seluruh dunia. Pesona bawah laut 3 Gili mampu bersaing dengan Wakatobi dan Bunaken.
 Kawasan puncak  SMPN 1 Pemenang berlatar 3 Gili
Perbukitan Gunung Rinjani dari puncak Kawasan SMPN 1 Pemenang
Kawasan Puncak
            Jika mata kita melirik kearah kiri sedikit dari puncak kawasan SMPN 1 Pemenang ini maka hamparan pengunungan Rinjani jelas menggoda kita. Gunung Rinjani merupakan sebuah simbol kesakralan dan mistis di Pulau Lombok baik bagi suku asli Sasak yang mayoritas beragama Islam dan bagi Suku Bali yang beragama Hindu. Mitos dan legenda, pantangan dan larangan yang berkembang menjadi kepercayaan turun temurun membuat Gunung Rinjani menjadi semakin menarik untuk dieksplorasi, terutama bagi anda pecinta alam, baik alam nyata maupun alam gaib. Sejak dahulu kala, Gunung Rinjani menjadi sumber inspirasi, kekuatan dan kehidupan bagi masyarakat Lombok dan Bali (terutama yang menetap di Lombok) dalam arti yang seluas luasnya. Rinjani menjadi tempat ibadah, tempat melakukan pemujaan, tempat bertapa tempat menyucikan senjata pusaka bagi kedua kelompok masyarakat tersebut. Selain itu, Gunung Rinjani memberikan kehidupan bagi seluruh kawasan pertanian yang ada di Pulau Lombok karena dari kawasan hutan lindung yang ada di Gunung Rinjani, air mengalir terus sampai ke segala penjuru Pulau Lombok. Ini terjadi karena keberadaan Danau Segara Anak di kawasan Gunung Rinjani yang terletak pada ketinggian sekitar 2000 m di atas permukaan laut yang tidak saja menakjubkan secara keindahan namun juga berkedudukan penting karena berfungsi sebagai penampumng air yang tak kunjung kering sepanjang tahun yang selanjutnya teralirkan ke kawasan pertanian di seluruh Pulau Lombok.
      Kawasan perbukitan milik SMPN 1 Pemenang ini sementara ini ditumbuhi beberapa pepohonan jati,sengon  trembesi dan disana sinni pohon kas kami yaitu pohon Lontar.Oleh karena itu dusun di SMP kami adalah dusun Dasan Lontar.(kebun lontar).


2 komentar: