Minggu, 04 Agustus 2013

SEMINAR ANTI NARKOBA


KEGIATAN SEMINAR NARKOBA
Pemenang 3 Agustus 2013. Sepanduk bertuliskan ACARA SEMINAR ANTI NARKOBA DENGAN TEMA MEMBANGUN KARAKTER REMAJA BEBAS NAPZA terpampang
cetar membahana di aula SMPN 1 Pemenang.  Guru dan anak OSIS lalu-lalang  dengan ekspresi miskin senyum (serius), beberapa orang terlihat menggunakan almamater yang bertuliskan UGM, di ruang guru tampak siswa-siswa yang berwajah menor dengan pakaian yang tidak biasa. Yaah hari itu memang bukan hari biasa, sebab SMPN 1 Pemenang sedang melakukan persiapan sebagai tuan rumah dalam kegiatan seminar anti narkoba.
Kegiatan seminar anti narkoba tersebut terselenggara dengan adanya kerjasama antara Mahasiswa KKN PPM UGM 2013 UNIT NTB 10 dengan PNPM desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang. Kegiatan seminar tersebut terbilang akbar, sebab yang menjadi narasumber adalah H. Najmul Akhyar, SH, MH. yang notabene beliau adalah Wakil Bupati Lombok Utara sekaligus sebagai ketua BNK (Badan Narkotika Kabupaten) Lombok Utara. Selain itu, yang membuat kegiatan tersebut lebih terasa akbar, yaitu dengan hadirnya para tamu undanagan, seperti perwakilan siswa SMPN 1 Tanjung, SMPN 2 Tanjung, SMPN 3 Tanjung, SMPN 4 Tanjung, para guru pendamping, dan perwakilan dari kantor Kesatuan Bangsa dan Polilik (Kesbangpol).
Kegiatan tersebut terasa sangat berbeda denagn seminar pada umumnya, karena para tamu undangan di sambut oleh Penyilaq. Penyilaq merupakan seseorang yang bertugas menyambut dan mempersilahkan para tamu undangan menuju tempat yang telah disediakan yang mengenakan pakaian adat Sasak. Selain itu, di acara pembukaan, para tamu juga disuguhkan oleh kreativitas siswa SMPN 1 Pemenang yang menampilkan tari “Bakdinding” atau tari penyambutan.
Kegiatan Seminar Anti Narkoba  ini terlaksana dengan berbagai landasan pemikiran, seperti yang dikemukan oleh H. Karmin, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Pemenang, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Pemenang merupakan daerah yang rawan terhadapa beredarnya barang haram tersebut, sebab Pemenang merupakan salah satu daerah yang aktivitas pariwisatanya cukup tinggi. Selanjutnya beliau menambahkan bahwa pengguna Narkoba di Indonesia 40%-nya adalah generasi muda dan dalam 24 jam setiap harinya ada 50 orang meninggal dunia karena Narkoba. Sunggu memperihatinkan.
Di sisi lain ketua BNK Lombok Utara H. Najmul Akhyar, SH, MH. Menyatakan keantusiasan beliau terhadap kegiatan tersebut dan beliau sangat berterima kasih pada seluruh pihak penyelenggara. Seperti yang dikutip Admin blog SMPN 1 Pemenang “ kegiatan semacam ini sangat perlu sebagai komunikasi generasi muda dengan kita (red: Orang Tua)” tandas beliau.
Respon Positif juga dilihatkan oleh para siswa, mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa penasaran dan berusaha untuk mengajukan pertannyaan. Namun karena terbatasnya waktu maka hanya 5 pertanyaan saja yang di dijawab , sedangkan pertanyaan yang lain dikumpulkan ke panitia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar