Sabtu, 08 Februari 2014

TAS DARI DAUR ULANG SAMPAH

Sampah plastik di kawasan SMPN 1 Pemenang merupakan terbayak.Sampah ini dihasilkan dari kantin sekolah baik itu dari bekas snak,minuman dan jenis makanan lainya.
Sampah plastik tak selamanya harus di buang. Hanya dengan sedikit kreatifitas, plastik-plastik bekas yang awalnya dianggap sebagai sampah biasa, bisa menjadi barang berharga.
Di tangan sahabat bumi siswa SMPN 1 Pemenang,sampah-sampah plastik tersebut dikumpulkan kemudian dicuci, dijemur, dan dipisah-pisahkan. Plastik dari bekas aneka barang kemasan itu lalu dibentuk jadi aneka produk berharga, seperti tas, dompet, celemek, inkai (piring) tempat sampah dan aneka produk lainnya.
Sahabat bumi Siswa SMPN 1 Pemenang memulai usaha daur ulang sampah plastik ini sejak 1,5 tahun yang lalu. Awalnya,hanya selingan mata pelajaran seni budaya oleh ibu Siti Rahmah selaku guru mempunyai naluri untuk memanfaatkan limbah sampah-sampah plastik ini menjadi barang yang berguna.Lama kelamaan kalangan siswa,guru,pegawai ikut-ikutan tertarik pada usaha ini.Di pasaran tas buatan siswa ini laku terjual rata-rata Rp 80.000.Angka yang sangat besar untuk ukuran siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar